PETUNJUK TEKNIS
FESTIVAL KOMPETENSI DAN KREATIVITAS SISWA DAN GURU SD KECAMATAN CICURUG
TAHUN 2011
A. LATAR BELAKANG
Festival Kompetensi dan Kreativitas Siswa dan Guru sebagai wahana bagi siswa dan guru SD untuk berkreasi, berprestasi, berapresiasi. dan berkompetisi secara sehat yang mengacu pada inovatif pendidikan dengan mengedepankan semangat sportivitas yang tinggi. Budaya ini perlu dikembangkan sebagai salah satu strategi pembinaan peningkatan kualitas siswa dan guru dengan cara melaksanakan lomba/seleksi antarsekolah.
Dengan melaksanakan Festival Kompetensi dan Kreativitas Siswa dan Guru, Pusat Kegiatan Guru (PKG) Kecamatan Cicurug bertujuan untuk mengetahui perkembangan kreativitas dan kemajuan hasil belajar siswa, menumbuhkan semangat dan cinta belajar siswa SD di Kecamatan Cicurug untuk memperbaiki dan mengembangkan strategi pembinaan pendidikan di Kecamatan Cicurug ke depan yang lebih bermutu.
Festival Kompetensi dan Kreativitas Siswa dan Guru merupakan rangkaian kegiatan unjuk prestasi siswa dan guru SD sebagai wahana pengembangan dan aktualisasi diri yang dikelompokkan ke dalam 5 (lima) kelompok mata lomba/seleksi, yaitu:
1. kelompok prestasi mata pelajaran;
2. kelompok kompetensi dan kreativitas seni budaya dan keterampilan;
3. kelompok apresiasi bahasa dan sastra sunda
4. kelompok olimpiade olahraga siswa;
5. kelompok prestasi pendidik dan tenaga kependidikan;
Masing-masing jenis lomba/seleksi berdasarkan kelompok masing-masing diikuti oleh siswa dan guru SD baik secara langsung perwakilan sekolah, khusus untuk LTUB terlebih dahulu harus melalui seleksi di tingkat Gugus. Siswa dan guru berprestasi dan juara masing-masing mata lomba diorientasikan untuk mengikuti lomba/seleksi di tingkat wilayah dan Kabupaten secara berjenjang.
B. DASAR
1. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2. Undang-Undang RI No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah;
3. Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
4. Peraturan Mendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah;
5. Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat No. 5 Tahun 2003 tentang Pemeliharaan Bahasa, Sastra, dan Aksara Sunda;
6. Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat No. 5 Tahun 2003 tentang Pemeliharaan Kesenian Daerah;
7. Misi Dinas Pendidikan Jawa Barat tentang pengembangan manusia yang beriman dan bertaqwa, mandiri, dan bermartabat serta memjunjung nilai-nilai luhur budaya masyarakat Jawa Barat (Silih Asah, Siih Asih, Bageur, Bener, Pinter, tur Singer) dan berwawasan kebangsaan;
8. Program PKG, KKKS, dan KKG Kecamatan Cicurug
C. TUJUAN
1. Festival Kompetensi dan Kreativitas Siswa dan Guru SD bertujuan mendorong peningkatan prestasi siswa dan guru dalam mengembangkan kompetensi intelektual dasar dan keterampilan cita rasa seni, budaya, minat baca, dan budi pekerti secara optimal sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan;
2. Memfasilitasi siswa dan guru SD dalam mengembangkan bakat dan minat sehingga dapat berkreasi dan berinovasi sesuai kemampuannya;
3. Memberi motivasi siswa SD dalam mengembangkan dan mengungkapkan gagasan, nalar dan imajinasi, sehingga dapat memacu semangat belajar kritis, kreatif, dan produktif;
4. Menjaring bibit unggul dan berprestasi sebagai calon peserta lomba dan seleksi di tingkat kabupaten dan seterusnya secara berjenjang.
D. TEMA LOMBA
“Aktualisasi peningkatan mutu pendidikan melalui aktivitas, kreativitas, dan apresiatif yang inovatif .”
E. WAKTU DAN TEMPAT LOMBA
1. Pendaftaran :
a. Waktu : 1 s.d. 12 Pebruari 2011 setiap jam kerja
b. Tempat : Sekretariat Panitia (Sdr. Nanang Saptudin, S.Pd.I dan Sdr. Osid Mulyawan)
d.a. kantor UPTD Pendidikan Kecamatan Cicurug
2. Pelaksanaan :
a. Waktu : Lomba/seleksi dilaksanakan secara gradual mulai 21 Pebruari s.d. 26 Maret 2011.
b. Tempat : Kegiatan lomba dilaksanakan pada tempat berbeda sesuai karakteristik masing-masing mata lomba/seleksi
3. Pembukaan dan Penutupan :
a. Pembukaan : Sabtu, 19 Pebruari 2011 mulai pukul 07.00 bertempat di Alun-Alun Cicurug yang diikuti Peserta Festival Kompetensi dan Kreativitas Siswa dan Guru.
b. Penutupan : Rangkaian kegiatan Festival Kompetensi dan Kreativitas Siswa dan Guru ditutup dengan pembagian hasil kejuaraan dilaksanakan tanggal 31 Maret 2011.
Jadwal dan tempat lomba/seleksi secara lengkap terdapat pada lampiran pedoman ini.
F. PESERTA LOMBA
Peserta Lomba/Seleksi adalah siswa SD kelas V ke bawah, khusus untuk olimpiade olahraga siswa adalah siswa SD yang dilahirkan tanggal 1 Januari 1999 dan sesudahnya yang dibuktikan dengan raport asli dan akte kelahiran asli atau surat keterangan lahir asli. Pada beberapa mata lomba/seleksi, Peserta merupakan hasil seleksi di tingkat Gugus. Ketentuan lain peserta lomba baik guru maupun siswa diatur sesuai jenis dan karakteristik mata lomba.
G. PANITIA PELAKSANA
Pelindung : 1. Camat Cicurug
2. Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Cicurug
Penasehat : Pengawas TK/SD Kecamatan Cicurug
Penanggung Jawab : PKG, KKKS, dan KKG Kecamatan Cicurug
1. Ketua : Nani Kusnaeni S.Pd.SD.
2. Sekretaris : 1. Nanang Saptudin, S.Pd.I.
2. Bukhori Muslim
3. Bendahara : Asep Sapyudin, S.Pd.I.,M.M.
4. Koordinator Lomba :
a. Prestasi Mata Pelajaran :
Ketua : Asep Sapyudin, S.Pd.I.,M.M.
Sekretaris : Yana Handiana
Bendahara : Eah Julaeha
b. Kreativitas SBK :
Ketua : Rojak
Sekretaris : Mimi Jamilah, S.Pd.SD.
Bendahara : Rahmi Rahmawati
c. ABSS :
Ketua : Oleh Supriatna, S.Pd.I.
Sekretaris : Eni Kusrini
Bendahara : Aan Solihat, S.Pd.I.
d. Olimpiade Olahraga :
Ketua : Cecep Suhardi
Sekretaris : Herli Kriswanto
Bendahara : Ita Rosita
e. Prestasi PTK :
Ketua : Naspu Poerwadi, S.Pd.
Sekretaris : Atat Kusnadi, S.Pd.I.
Bendahara : Hj. E. Nurhanawati, S.Ag.
H. JENIS LOMBA
Festival dan Pekan Kreativitas Siswa dan Guru terdiri atas:
1. Kelompok Prestasi Mata Pelajaran
a. Olimpiade MIPA Jalur A dan B
b. Seleksi Siswa Berprestasi
c. Keterampilan Berbahasa Indonesia
d. Aplikasi Teknologi Sederhana
e. Keterampilan Operasi Komputer
f. Lomba Tata Upacara Bendera
g. Lomba Cepat Tepat
h. Calistung
2. Kelompok Kreativitas Seni Budaya dan Keterampilan
a. Menyanyi Solo
b. Seni Lukis
c. Kerajinan Tangan
d. Kreativitas Cipta dan Baca Puisi
3. Kelompok Apresiasi Bahasa dan Sastra Sunda
a. Maca Sajak Sunda
b. Biantara
c. Pupuh
d. Ngadongeng
e. Ngarang
f. Maca Warta
g. Baca Tulis Aksara Sunda
4. Kelompok Olimpiade Olahraga Siswa
a. Atletik
b. Bola Voli Mini
c. Bulutangkis
d. Catur
e. Pencak Silat
f. Renang
g. Sepak Bola Mini
h. Sepak Takraw Mini
i. Tenis Meja
5. Kelompok Prestasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan
a. Kreativitas Guru dalam Pembelajaran
b. Seleksi Guru Berprestasi
c. Seleksi Kepala Sekolah Berprestasi
I. KEGIATAN LOMBA
Pelaksanaan kegiatan lomba pada Festival dan Pekan Kreativitas Siswa dan Guru adalah sebagai berikut:
1. Kelompok Prestasi Mata Pelajaran
a. Olimpiade MIPA
1. Olimpiade Jalur A
1) Peserta
Peserta adalah siswa kelas V utusan sekolah terdiri dari 1 orang peserta Olimpiade Matematika dan 1 orang peserta Olimpiade IPA.
2) Materi Lomba
Materi lomba merupakan rangkaian evaluasi atas peningkatan prestasi siswa dalam mengembangkan pengetahuan dasar mata pelajaran IPA.
3) Tahapan Lomba
Tahap I Tes Tertulis
a) Setiap peserta mengikuti tes tertulis.
b) Tes Tertulis disajikan 100 item soal tes, yang memuat materi pelajaran IPA, Komposisi materi lomba dikemas dari materi pelajaran kelas IV (20%), kelas V (50%), dan kelas VI (30%).
Tahap II Cerdas Cermat/Simak Jawab
a) Setiap peserta mengikuti Tes Cerdas Cermat.
b) Tes Cerdas Cermat disajikan 25 item soal tes, dengan waktu pengerjaan 30 menit. Setiap jawaban benar mendapat nilai 4.
c) Enam regu dengan akumulasi perolehan nilai tertinggi pada Tahap I dan Tahap II berhak mengikuti Babak Final.
Tahap III Cepat Tepat/Final
a) Setiap peserta mendapat 10 soal, yang terdiri atas 5 soal hak regu yang bersangkutan dan 5 soal yang apabila tidak terjawab dapat diperebutkan. Lima soal pertama yang merupakan hak regu ybs. apabila tidak terjawab dilemparkan kepada regu lainnya secara bergilir dan tidak diperebutkan.
b) Setiap jawaban benar mendapat nilai 10. Apabila jawaban salah pada soal lemparan tidak mendapat pengurangan nilai, sedangkan apabila jawaban salah pada soal rebutan mendapat pengurangan nilai 10.
4) Penentuan Hasil Lomba
Hasil akhir lomba ditentukan berdasarkan akumulasi nilai seluruh tahapan lomba.
2. Olimpiade Jalur B
1) Peserta
Peserta adalah siswa kelas V utusan sekolah terdiri dari 1 orang peserta Olimpiade Matematika dan 1 orang peserta Olimpiade IPA
2) Materi Lomba
Materi olimpiade bersumber pada kurikulum SD yang berlaku untuk mata pelajaran Matematika dan IPA, buku penunjang dan bahan lain yang relevan. Materi olimpiade juga mencakup kemampuan menyelesaikan soal-soal eksperimen (untuk IPA) atau eksplorasi (untuk Matematika), penalaran, kreativitas, serta pemahaman konsep melalui penggunaan alat peraga.
3) Tahapan Lomba
Setiap peserta wajib mengikuti tes tertulis dan eksperimen (untuk IPA) atau eksplorasi (untuk Matematika). Sebagian soal tes menggunakan bahasa Inggris dengan jawaban juga dalam bahasa Inggris.
b. Seleksi Siswa Berprestasi
1) Peserta
Peserta adalah siswa kelas V utusan sekolah yang merupakan siswa berprestasi. Masing-masing sekolah mengirimkan 1 orang siswa berprestasi dengan tidak memperhatikan gender dan jenis kelamin.
2) Materi Lomba
Materi seleksi siswa berprestasi merupakan rangkaian evaluasi atas peningkatan prestasi siswa dalam mengembangkan intlektual dasar dan keterampilan cita rasa seni, budaya, minat baca, dan budi pekerti sesuai dengan norma-norma yang diharapkan secara sehat yang dikelompokkan ke dalam kemampuan akademik, cipta karya, kreasi seni, dan mental spiritual.
3) Tahapan Lomba
Tahap I Tes Tertulis
a. Setiap peserta wajib mengikuti tes tertulis untuk mengukur potensii akademiknya.
b. Tes Tertulis disajikan sebanyak 60 item soal tes, terdiri 30 item soal Pilihan Jamak, 20 item soal Isian, dan 10 item soal Uraian yang memuat seluruh materi pelajaran dengan waktu pengerjaan 90 menit. Komposisi materi dikemas dari materi pelajaran kelas IV, V, dan VI.
c. 10 besar berhak mengikuti tahap II dan III
Tahap II Cipta Karya
a. Peserta menyajikan kreasi kerajinan tangan dan atau keterampilan yang merupakan aplikasi teknologi sederhana dan atau hasil keterampilan terapan yang dirancang dan dibuat di tempat pada saat seleksi dilaksanakan.
b. Peserta menyusun makalah hasil cipta karya berupa abstraksi yang menjelaskan cara dan proses pembuatannya pada saat seleksi berlangsung.
c. Peserta mampu mempresentasikan hasil cipta karyanya di hadapan juri.
Tahap III Kreasi Seni
Peserta melakukan unjuk kebolehan dalam berbagai kreasi seni yang dikuasai, baik seni musik, seni tari, maupun seni rupa.
Tahap IV Wawancara
a) Wawancara dilakukan untuk mengetahui potensi mental spiritual peserta seleksi yang dilaksanakan dalam Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Sunda.
b) Materi seleksi meliputi etika dan sopan santun, pengamalan kehidupan beragama, kepemimpinan, aktivitas sosial kemasyarakatan, kesehatan dan kebugaran, dan pelaksanaan kehidupan berbangsa dan bernegara.
4) Penentuan Hasil Seleksi
Hasil akhir seleksi ditentukan berdasarkan akumulasi nilai setiap tahapan seleksi.
c. Keterampilan Berbahasa Indonesia
1) Peserta
Peserta adalah siswa kelas V utusan sekolah, masing-masing sekolah mengirimkan 1 orang peserta dengan tidak memperhatikan gender dan jenis kelamin.
2) Materi Lomba
Materi lomba merupakan rangkaian evaluasi atas peningkatan prestasi siswa dalam mengembangkan keterampilan berbahasa Indonesia meliputi membaca cepat, dikte, mengarang, dan deskripsi lisan.
3) Tahapan Lomba
Tahap I
a) Setiap peserta wajib mengikuti tes membaca teknis untuk mengukur potensi kemampuan memahami bacaan dalam waktu 10 menit. Selesai membaca, Peserta dengan bahasanya sendiri menuliskan kembali isi bacaan tersebut.
b) Peserta menyelesaikan tugas Dikte berupa menuliskan kembali 10 kalimat pernyataan/pertanyaan yang dibacakan 2 kali oleh Juri.
c) 6 (enam) peserta seleksi dengan perolehan nilai tertinggi berhak mengikuti seleksi Tahap II dan Tahap III.
Tahap II
a) Peserta menuliskan kembali dengan mengembangkan bagian bacaan yang dibacakan oleh juri dalam waktu 30 menit.
b) Peserta membaca cepat sebuah wacana alam waktu 1 menit.
Tahap III
a) Secara spontanitas peserta mendeskripsiksn secara lisan benda yang dipilihnya dengan tidak melihat jenis bendanya.
b) Waktu yang diberikan untuk deskripsi lisan adalah 5 menit.
4) Penentuan Hasil Seleksi
Hasil akhir seleksi ditentukan berdasarkan akumulasi nilai setiap tahapan seleksi.
d. Aplikasi Teknologi Sederhana
1) Peserta
Peserta adalah siswa kelas V ke bawah utusan sekolah. Setiap sekolah hanya mengirimkan 1 orang Peserta.
2) Materi Lomba
Membuat alat atau benda pakai yang merupakan penerapan/aplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi sederhana memuat unsur sains yang berguna bagi kehidupan sehari-hari.
3) Kriteria Penilaian
a) Orisinalitas
b) Relevansi sains dan iptek
c) Pemilihan alat dan bahan
d) Proses pengerjaan
e) Nilai guna dan nilai pakai
f) Kemampuan ekspos dan presentasi
4) Teknik Lomba
Peserta membuat karya secara utuh dan bukan merangkai alat dari mulai persiapan alat/bahan, proses pengerjaan, mengoperasian alat, dan mempresentasikannya.
e. Keterampilan Operasi Komputer
1) Peserta
Peserta adalah siswa kelas V ke bawah utusan sekolah. Setiap sekolah hanya mengirimkan 1 orang Peserta.
2) Materi Lomba
Membuat dokumen dalam program Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft Power Point yang telah ditentukan ukuran kertas dan marginnya.
3) Kriteria Penilaian
a) Mengaktifkan program
b) Membuka dokumen baru
c) Mengatur ukuran kertas dan margin
d) Teknik pengetikan
e) Menyimpan dokumen
f) Ketepatan hasil
g) Teknik penyimpanan dokumen pada CD
4) Media Lomba
Pada saat lomba peserta wajib membawa laptop.
5) Teknik Lomba
Peserta hanya tampil satu kali.
f. Lomba Tata Upacara Bendera (LTUB)
1) Peserta
Peserta adalah sekolah Juara 1 LTUB Tahun 2010 dan masing-masing 1 utusan gugus yang merupakan juara I seleksi di tingkat gugus.
2) Teknik Lomba
Teknik pelaksanaan dan kriteria penilaian LTUB diatur dalam Petunjuk Teknis tersendiri.
g. Lomba Cepat Tepat (LCT)
1) Peserta
Peserta adalah 1 regu utusan sekolah yang masing-masing terdiri atas 3 orang siswa kelas V ke bawah.
2) Materi Lomba
Materi lomba merupakan rangkaian evaluasi atas peningkatan prestasi siswa dalam mengembangkan pengetahuan dasar yang terdiri atas mata pelajaran matematika, IPA, pengetahuan umum, bahasa, dan seni.
3) Tahapan Lomba
Tahap I Tes Tertulis
a) Setiap regu peserta mengikuti tes tertulis.
b) Tes Tertulis disajikan 100 item soal tes, yang memuat materi pelajaran matematika, IPA, pengetahuan umum, bahasa, dan seni dengan waktu pengerjaan 60 menit. Komposisi materi lomba dikemas dari materi pelajaran kelas IV (20%), kelas V (50%), dan kelas VI (30%).
Tahap II Cerdas Cermat/Simak Jawab
a) Setiap regu peserta mengikuti Tes Cerdas Cermat.
b) Tes Cerdas Cermat disajikan 25 item soal tes, dengan waktu pengerjaan 30 menit. Setiap jawaban benar mendapat nilai 4.
c) Enam regu dengan akumulasi perolehan nilai tertinggi pada Tahap I dan Tahap II berhak mengikuti Babak Final.
Tahap III Cepat Tepat/Final
a) Setiap regu peserta mendapat 10 soal, yang terdiri atas 5 soal hak regu yang bersangkutan dan 5 soal yang apabila tidak terjawab dapat diperebutkan. Lima soal pertama yang merupakan hak regu ybs. apabila tidak terjawab dilemparkan kepada regu lainnya secara bergilir dan tidak diperebutkan.
b) Setiap jawaban benar mendapat nilai 10. Apabila jawaban salah pada soal lemparan tidak mendapat pengurangan nilai, sedangkan apabila jawaban salah pada soal rebutan mendapat pengurangan nilai 10.
4) Penentuan Hasil Lomba
Hasil akhir lomba ditentukan berdasarkan akumulasi nilai seluruh tahapan lomba.
h. Membaca Menulis dan Berhitung (Calistung)
1. Peserta Lomba
1. Peserta Lomba Calistung adalah siswa kelas I, II, dan III putra atau putri dengan tidak melihat gender yang merupakan utusan sekolah.
2. Setiap sekolah mengirimkan masing-masing 1 orang siswa kelas I, kelas II, dan kelas III.
2. Materi Lomba
Materi Lomba Calistung mengacu kepada Standar Isi sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006.
3. Tahapan Lomba
Kelas | Tahap I | Tahap II | Tahap III | Tahap IV |
I | Tes Tertulis Berhitung | Tes Tertulis (membaca, menulis) | Menulis Tegak Bersambung | Membaca Teknis |
II | Berhitung Mencongak | Tes Tertulis (membaca, menulis) | Menulis Dikte | Membaca Teknis |
III | Berhitung Mencongak | Tes Tertulis (membaca, menulis) | Menulis Dikte | Membaca Teknis |
4. Teknis Lomba
A. Lomba Calistung Kelas I
a. Tahap I Tes Tertulis Berhitung
1) Tahap I diikuti oleh seluruh Peserta Lomba;
2) Peserta menyelesaikan 30 butir soal isian dalam waktu 25 menit;
3) Waktu yang dipergunakan untuk menyelesiakan soal dicatat untuk dijadikan dasar pertimbangan apabila terdapat nilai yang sama;
4) Jawaban benar diberi skor 10, jawaban salah diberi skor 0;
5) Skor perolehan dikonversi pada standar 100.
b. Tahap II Tes Tertulis Membaca & Menulis
1) Tahap II diikuti oleh seluruh Peserta Lomba;
2) Peserta menyelesaikan 30 butir soal pilihan ganda dalam waktu 25 menit;
3) Waktu yang dipergunakan untuk menyelesiakan soal dicatat untuk dijadikan dasar pertimbangan apabila terdapat nilai yang sama;
4) Jawaban benar diberi skor 10, jawaban salah diberi skor 0;
5) Skor perolehan dikonversi pada standar 100;
6) Soal mencakup kompetensi membaca dan kompetensi menulis sesuai SK/KD pada Standar Isi dengan proporsi 50:50.
c. Tahap III Menulis Tegak Bersambung
1) Tahap III diikuti oleh 6 besar Peserta dengan perolehan akumulasi nilai tertinggi pada Tahap I dan Tahp II;
2) Peserta menuliskan kembali kalimat atau rangkaian kalimat yang terdiri atas ±100 kata dalam waktu 18 menit;
3) Waktu yang dipergunakan untuk menyelesiakan soal dicatat untuk dijadikan dasar pertimbangan apabila terdapat nilai yang sama;
4) Aspek penilaian mencakup kecepatan, ketepatan, kerapihan, ketuntasan;
5) Akumulasi skor perolehan dari keempat aspek penilaian dikonversi pada standar 100.
d. Tahap IV Membaca Teknis/Lancar
1) Peserta membaca teks dalam bentuk wacana dengan E, TB, dan S yang tepat dalam waktu 72 detik;
2) Waktu yang dipergunakan dicatat untuk perhitungan penambahan dan pengurangan nilai. Waktu yang dipergunakan <72 detik mendapat kompensasi penambahan nilai, waktu yang dipergunakan >72 detik mendapat finalti pengurangan nilai;
3) Aspek penilaian meliputi kecepatan, ketepatan, dan intonasi. Setiap kelebihan dan kekurangan dari masing-masing aspek penilaian mendapat kompensasi penambahan nilai & pengurangan nilai;
4) Skor perolehan dikonversi pada standar 100.
B. Lomba Calistung Kelas II
a. Tahap I Tes Berhitung Mencongak
1) Tahap I diikuti oleh seluruh Peserta Lomba;
2) Setiap butir soal dibacakan 2 kali sebelum dijawab secara tertulis oleh Peserta dalam selembar kertas;
3) Peserta menyelesaikan 30 butir soal isian singkat;
4) Jawaban benar diberi skor 10, jawaban salah diberi skor 0;
5) Skor perolehan dikonversi pada standar 100.
b. Tahap II Tes Tertulis Membaca & Menulis
1) Tahap II diikuti oleh seluruh Peserta Lomba;
2) Peserta menyelesaikan 40 butir soal pilihan ganda dalam waktu 30 menit;
3) Waktu yang dipergunakan untuk menyelesiakan soal dicatat untuk dijadikan dasar pertimbangan apabila terdapat nilai yang sama;
4) Jawaban benar diberi skor 10, jawaban salah diberi skor 0;
5) Skor perolehan dikonversi pada standar 100;
6) Soal mencakup kompetensi membaca dan kompetensi menulis sesuai SK/KD pada Standar Isi dengan proporsi 50:50.
c. Tahap III Menulis Tegak Bersambung (Dikte)
1) Tahap III diikuti oleh 6 Peserta dengan perolehan akumulasi nilai tertinggi pada Tahap I dan Tahp II;
2) Peserta menuliskan kembali kalimat yang dibacakan dalam waktu 1 menit;
3) Soal dalam bentuk kalimat lepas yang terdiri dari ±100 kata
4) Setiap kalimat dibacakan 2 kali dengan interval/jeda selama 5 detik;
5) Aspek penilaian mencakup kecepatan, ketepatan, kerapihan, ketuntasan;
6) Akumulasi skor perolehan dari keempat aspek penilaian dikonversi pada standar 100.
d. Tahap IV Membaca Teknis/Lancar
1) Peserta membaca teks dalam bentuk wacana dengan E, TB, dan S yang tepat dalam waktu 60 detik;
2) Waktu yang dipergunakan dicatat untuk perhitungan penambahan dan pengurangan nilai. Waktu yang dipergunakan <60 detik mendapat kompensasi penambahan nilai, waktu yang dipergunakan >60 detik mendapat finalti pengurangan nilai;
3) Aspek penilaian meliputi kecepatan, ketepatan, dan intonasi. Setiap kelebihan dan kekurangan dari masing-masing aspek penilaian mendapat kompensasi penambahan nilai & pengurangan nilai;
4) Skor perolehan dikonversi pada standar 100.
C. Lomba Calistung Kelas III
a. Tahap I Tes Berhitung Mencongak
1) Tahap I diikuti oleh seluruh Peserta Lomba;
2) Setiap butir soal dibacakan 2 kali sebelum dijawab secara tertulis oleh Peserta dalam selembar kertas;
3) Peserta menyelesaikan 30 butir soal isian singkat;
4) Jawaban benar diberi skor 10, jawaban salah diberi skor 0;
5) Skor perolehan dikonversi pada standar 100.
b. Tahap II Tes Tertulis Membaca & Menulis
1) Tahap II diikuti oleh seluruh Peserta Lomba;
2) Peserta menyelesaikan 40 butir soal pilihan ganda dalam waktu 30 menit;
3) Waktu yang dipergunakan untuk menyelesaikan soal dicatat untuk dijadikan dasar pertimbangan apabila terdapat nilai yang sama;
4) Jawaban benar diberi skor 10, jawaban salah diberi skor 0;
5) Skor perolehan dikonversi pada standar 100;
6) Soal mencakup kompetensi membaca dan kompetensi menulis sesuai SK/KD pada Standar Isi dengan proporsi 50:50.
c. Tahap III Menulis Tegak Bersambung (Dikte)
1) Tahap III diikuti oleh 6 Peserta dengan perolehan akumulasi nilai tertinggi pada Tahap I dan Tahp II;
2) Peserta menuliskan kembali kalimat yang dibacakan dalam waktu 1 menit;
3) Soal dalam bentuk kalimat lepas yang terdiri dari ±100 kata
4) Setiap kalimat dibacakan 2 kali dengan interval/jeda selama 5 detik;
5) Aspek penilaian mencakup kecepatan, ketepatan, kerapihan, ketuntasan;
6) Akumulasi skor perolehan dari keempat aspek penilaian dikonversi pada standar 100.
d. Tahap IV Membaca Teknis/Lancar
1) Peserta membaca teks dalam bentuk wacana dengan E, TB, dan S yang tepat dalam waktu 60 detik;
2) Waktu yang dipergunakan dicatat untuk perhitungan penambahan dan pengurangan nilai. Waktu yang dipergunakan <60 detik mendapat kompensasi penambahan nilai, waktu yang dipergunakan >60 detik mendapat finalti pengurangan nilai;
3) Aspek penilaian meliputi kecepatan, ketepatan, dan intonasi. Setiap kelebihan dan kekurangan dari masing-masing aspek penilaian mendapat kompensasi penambahan nilai & pengurangan nilai;
4) Skor perolehan dikonversi pada standar 100.
5. Penentuan Kejuaraan
1. Tahap I dan Tahap II diikuti seluruh Peserta;
2. Tahap III dan Tahap IV diikuti 6 Peserta dengan perolehan akumulasi nilai tertinggi pada Tahap I dan Tahap II;
3. Lomba Calistung memilih Juara 1, Juara 2, dan Juara 3 masing-masing kelas;
4. Peserta dengan perolehan akumulasi nilai tertinggi pada seluruh tahapan lomba ditetapkan sebagai Juara 1 dan berhak menjadi wakil Kecamatan Cicurug pada kegiatan lomba sejenis di tingkat wilayah.
2. Kelompok Kreativitas Seni Budaya dan Keterampilan
a. Kompetensi dan Kreativitas Solo (Menyanyi Tunggal)
1) Peserta
Peserta adalah siswa kelas V ke bawah utusan sekolah. Setiap sekolah hanya mengirimkan 1 orang Peserta.
2) Materi Lomba
a) Lagu Wajib : Indonesia Pusaka ciptaan Ismail Marzuki
b) Lagu Pilihan : Lagu Daerah Sunda (bebas)
3) Kriteria Penilaian
a) Kesesuaian nada
b) Harmonisasi
c) Vokalisasi
d) Ekspresi dan penjiwaan
4) Teknik Lomba
a) Apabila jumlah Peserta ≥18 orang, lomba dilaksanakan dalam 2 babak, yaitu Babak Penyisihan dan Babak Final. Apabila jumlah Peserta <18 orang lomba dilaksanakan dalam 1 babak.
b) Pada Babak Penyisihan Peserta hanya menyanyikan 1 lagu wajib, pada Babak Final Peserta menyanyikan masing-masing 1 lagu wajib dan lagu pilihan.
c) Peserta menyanyi diiringi piano.
d) Iringan lagu wajib dan pilihan disediakan oleh peserta.
b. Kompetensi dan Kreativitas Seni Lukis
1) Peserta
a) Peserta adalah siswa kelas V ke bawah utusan sekolah. Setiap sekolah hanya mengirimkan 1 orang Peserta.
b) Peserta belum menjadi Juara 1 tingkat provinsi pada perlombaan sejenis.
2) Tema Lukisan
Tema lukisan adalah “Cinta Negeriku”
3) Alat dan bahan
a) Kertas gambar berukuran 60 cm x 60 cm
b) Alat melukis: krayon
4) Kriteria Penilaian
a) Kreativitas
b) Kesesuaian tema
c) Keterampilan dalam menyusun komposisi
d) Keterampilan menggunakan alat dan bahan
e) Orisinalitas
5) Teknik Lomba
a) Peserta diwajibkan membawa karyanya yang telah jadi.
b) Peserta diwajibkan membuat lukisan sesuai tema yang telah ditentukan langsung di tempat pelaksanaan dalam waktu 120 menit.
c. Kompetensi dan Kreativitas Kerajinan Tangan (untuk sementara sebelum ada juklak dari kabupaten)
1) Peserta
a) Peserta adalah siswa kelas V ke bawah utusan sekolah. Setiap sekolah hanya mengirimkan 1 orang Peserta.
b) Peserta belum menjadi Juara 1 tingkat provinsi pada perlombaan sejenis.
2) Bentuk Karya
Bentuk karya adalah membuat model transportasi sesuai dengan budaya daerah. Ukuran hasil karya dengan panjang ± 70 cm, lebar dan tinggi menyesuaikan.
3) Perlengkapan dan Bahan
a) Perlengkapan/peralatan dan bahan dibawa peserta sesuai dengan kebutuhan. Bahan yang digunakan masih dalam bentuk bahan dasar, tidak boleh barang jadi atau rakitan/tinggal pasang.
b) Bahan yang digunakan mudah didapat di lingkungan sekitar seperti: bambu, kayu, rotan, daun-daunan, pelepah, dll.
4) Tema
Cinta Nusantara
5) Bahan
Bambu, rotan, pandan, dan atau bahan alami lainnya
6) Kriteria Penilaian
a) Kreativitas
b) Kesesuaian tema
c) Keterampilan dalam menyusun komposisi
d) Keterampilan menggunakan alat dan bahan
7) Teknik Pelaksanaan
a) Peserta membawa hasil karya yang telah jadi
b) Pada saat pelaksanaan festival, peserta diwajibkan mendemonstrasikan pembuatan karyanya dalam waktu sesuai jadwal.
d. Kompetensi dan Kreativitas Cipta dan Baca Puisi
1) Peserta
a) Peserta adalah siswa kelas V ke bawah utusan sekolah. Setiap sekolah mengirimkan 1 orang Peserta.
b) Peserta belum menjadi Juara 1 tingkat kabupaten pada perlombaan sejenis.
2) Tema
Tema ditentukan oleh juri saat pelaksanaan festival.
3) Kriteria Penilaian
a) Apresiasi Cipta
b) Kesesuaian tema
c) Ekspresi dan penjiwaan
4) Teknik Pelaksanaan
a) Peserta mencipta puisi dengan judul dan waktu yang telah ditentukan oleh juri.
b) Peserta wajib membacakan hasil karyanya maksimal 5 menit.
3. Kelompok Apresiasi Bahasa dan Sastra Sunda
a. Maca Sajak Sunda
1) Peserta
Peserta adalah siswa kelas V ke bawah utusan sekolah. Setiap sekolah mengirimkan 1 orang putra dan 1 orang putri.
2) Materi
Materi yang dilombakan adalah sajak dengan judul sebagai berikut:
a) Putri : Tukeuran Ieu Sajak karya Yus Rusyana
b) Putra : Dengkleung Dēngdēk karya Wahyu Wibisana
3) Kriteria Penilaian
a) Bahasa meliputi lafal, intonasi/lentong, dan suara
b) Penghayatan isi
c) Penampilan/ekspresi
4) Teknik Lomba
a) Apabila jumlah Peserta ≥18 orang, lomba dilaksanakan dalam 2 babak, yaitu Babak Penyisihan dan Babak Final. Apabila jumlah Peserta <18 orang lomba dilaksanakan dalam 1 babak.
b) Pada Babak Penyisihan Peserta tampil membacakan sajak yang telah dipilih, pada Babak Final Peserta membacakan sajak yang berbeda dengan pada Babak Penyisihan.
b. Biantara
1) Peserta
Peserta adalah siswa kelas V ke bawah utusan sekolah. Setiap sekolah mengirimkan 1 orang putra dan 1 orang putri.
2) Materi
Topik ”Ngamumulé Basa jeung Sastra Sunda”
3) Kriteria Penilaian
a) Bahasa meliputi lafal, intonasi/lentong, struktur bahasa, dan pilihan kata
b) Gagasan Isi meliputi keterkaitan isi dengan tema dan topik, kesesuaian isi dengan latar belakang jenjang pendidikan siswa, dan logika nalar.
c) Penampilan dan ekspresi
4) Teknik Lomba
a) Apabila jumlah Peserta ≥18 orang, lomba dilaksanakan dalam 2 babak, yaitu Babak Penyisihan dan Babak Final. Apabila jumlah Peserta <18 orang lomba dilaksanakan dalam 1 babak.
b) Pada Babak Penyisihan Peserta tampil menyampaikan biantara yang telah disiapkan dengan tanpa dibaca, pada Babak Final Peserta kembali tampil menyampaikan biantara yang telah disiapkan dengan tanpa dibaca.
c. Pupuh
1) Peserta
Peserta adalah siswa kelas V ke bawah utusan sekolah. Setiap sekolah mengirimkan 1 orang putra dan 1 orang putri.
2) Materi
Pupuh Wajib : Pucung
Pupuh Pilihan : Mijil
3) Kriteria Penilaian
a) Bahasa (60%), meliputi lafal dan intonasi/lentong
b) Tagog (40%), meliputi ekspresi dan penampilan umum
4) Teknik Lomba
a. Apabila jumlah Peserta ≥18 orang, lomba dilaksanakan dalam 2 babak, yaitu Babak Penyisihan dan Babak Final. Apabila jumlah Peserta <18 orang lomba dilaksanakan dalam 1 babak.
b. Pada Babak Penyisihan Peserta tampil hanya membawakan pupuh wajib, pada Babak Final Peserta tampil membawakan pupuh pilihan.
c. Peserta tampil membawakan pupuh wajib dan pilihan dengan media karaoke.
d. Peserta lomba putra dan putri tampil bersama dengan melantunkan tembang pupuh bergantian dan menyambung secara harmonis.
e. Apabila jumlah peserta <18 orang, peserta wajib membawakan pupuh wajib dan pupuh pilihan.
d. Ngarang
1) Peserta
Peserta adalah siswa kelas V ke bawah utusan sekolah. Setiap sekolah mengirimkan 1 orang putra dan 1 orang putri.
2) Materi
Ditentukan panitia pada saat lomba
3) Kriteria Penilaian
a) Bahasa (50%), meliputi diksi, ejaan dan tanda baca, serta struktur kata dan kalimat.
b) Isi (30%), meliputi keterkaitan isi dengan tema dan kesesuaian isi dengan latar belakang jenjang pendidikan siswa.
c) Tampilan (20%), meliputi kerapihan menulis, keterbacaan, dan kebersihan.
4) Teknik Lomba
a) Peserta mengarang prosa narasi carita pondok (carpon) dengan tulisan tegak bersambung, tema dan waktu ditentukan panitia pada saat lomba.
e. Ngadongéng
1) Peserta
Peserta adalah siswa kelas V ke bawah utusan sekolah. Setiap sekolah mengirimkan 1 orang putra dan 1 orang putri.
2) Materi
Peserta memilih judul dongeng cerita rakyat yang sesuai dengan daerah asal kabupaten berikut ini:
a) Sasakala Batu Kinyang Cimērang
b) Curug Cawēni
c) Putri Kadita
3) Kriteria Penilaian
a) Bahasa meliputi lafal, intonasi/lentong, dan struktur bahasa;
b) Isi, kesesuaian isi dengan latar belakang asal sekolah/daerah peserta;
c) Penampilan meliputi ekspresi dan penampilan umum.
4) Teknik Lomba
a) Apabila jumlah Peserta ≥18 orang, lomba dilaksanakan dalam 2 babak, yaitu Babak Penyisihan dan Babak Final. Apabila jumlah Peserta <18 orang lomba dilaksanakan dalam 1 babak.
b) Pada Babak Penyisihan Peserta tampil menyampaikan dongeng yang telah disiapkan dengan tanpa dibaca, pada Babak Final Peserta kembali tampil menyampaikan dongeng yang telah disiapkan dengan tanpa dibaca.
c) Peserta menyampaikan dongeng tanpa dibaca tanpa menggunakan properti dengan waktu maksimal 10 menit.
f. Maca Warta
1) Peserta
Peserta adalah siswa kelas V ke bawah utusan sekolah. Setiap sekolah mengirimkan 1 orang putra dan 1 orang putri.
2) Materi
Topik daerah masing-masing
3) Kriteria Penilaian
a) Bahasa, meliputi lafal, lafal, intonasi/lentong, dan suara
b) Penghayatan isi
c) Penampilan/ekspresi.
4) Teknik Lomba
a) Apabila jumlah Peserta ≥18 orang, lomba dilaksanakan dalam 2 babak, yaitu Babak Penyisihan dan Babak Final. Apabila jumlah Peserta <18 orang lomba dilaksanakan dalam 1 babak.
b) Pada Babak Penyisihan Peserta tampil membacakan warta yang dipilih pada saat lomba yang telah disiapkan panitia, pada Babak Final Peserta kembali tampil membacakan warta yang telah dipilh pada saat lomba.
c) Peserta wajib membacakan berita yang telah dipilih pada saat lomba.
g. Baca Tulis Aksara Sunda
1) Persyaratan:
Peserta adalah siswa kelas V ke bawah utusan sekolah. Setiap sekolah mengirimkan 1 orang putra dan 1 orang putri.
2) Tahapan Lomba
a) Peserta wajib menyalin dengan Akasara Sunda teks yang dibacakan panitia.
b) Peserta wajib membaca materi bacaan Aksara Sunda yang telah ditulis peserta.
3) Kriteria Penilaian
a) Estetika (50%) meliputi keindahan aksara.
b) Ketepatan Transliterasi (30%)
c) Ketepatan Membaca (20%)
4. Kelompok Olimpiade Olahraga Siswa
a. Atletik
1) Peserta
a) Peserta adalah siswa SD berusia maksimal 12 tahun pada tanggal 1 Januari 2011.
b) Setiap sekolah mengirimkan 1 orang putra dan 1 orang putri.
2) Nomor Perlombaan
Trilomba yang terdiri atas nomor lintasan lari 60 m, lompat jauh, dan lempar bola (600 gram atau bola kasti)
3) Teknik dan Sistem Lomba
a) Setiap peserta wajib mengikuti 3 (tiga) nomor perlombaan (trilomba).
b) Seleksi dilaksanakan dengan sistem skor yang merupakan nilai kumulatif dari ketiga nomor lomba untuk menentukan kejuaraan.
b. Bola Voli Mini
1) Peserta
Peserta adalah siswa SD berusia maksimal 12 tahun pada tanggal 1 Januari 2011 yang utusan sekolah. Setiap sekolah dapat mengirimkan 1 tim putra dan 1 tim putri yang masing terdiri atas 4 pemain inti dan 1 pemain cadangan.
2) Nomor Perlombaan
Beregu putra dan beregu putri
3) Teknik dan Sistem Lomba
Pertandingan dilaksanakan dengan sistem gugur untuk menentukan kejuaraan dan seleksi pembentukan tim kecamatan.
c. Bulutangkis
1) Peserta
Peserta adalah siswa SD berusia maksimal 12 tahun pada Januari 20111 yang utusan sekolah. Setiap sekolah mengirimkan 1 orang putra dan 1 orang putri.
2) Nomor Perlombaan
Tunggal putra dan tunggal putri
3) Teknik dan Sistem Lomba
Pertandingan dilaksanakan dengan sistem gugur untuk menentukan kejuaraan.
d. Catur
1) Peserta
Peserta adalah siswa SD berusia maksimal 12 tahun pada 1 Januari 2011 yang utusan sekolah. Setiap sekolah mengirimkan 1 orang putra dan 1 orang putri.
2) Nomor Perlombaan
Perorangan standar putra dan perorangan standar putri
3) Teknik dan Sistem Lomba
Pertandingan menggunakan sistem Swiss 7 babak (Swiss 46) untuk menentukan kejuaraan.
e. Pencak Silat
1) Peserta
a) Peserta adalah siswa SD berusia maksimal 12 tahun pada 1 Januari 2011 yang utusan sekolah. Setiap sekolah mengirimkan 1 orang putra dan 1 orang putri.
b) Peserta belum menjadi Juara 1 tingkat kabupaten pada perlombaan sejenis.
2) Nomor Perlombaan
TGR perorangan putra dan TGR perorangan putri
3) Teknik dan Sistem Lomba
a) Setiap Peserta menampilkan gerak tunggal baku dengan menggunakan alat golok/parang, dan tongkat dalam waktu 3 menit.
b) Seleksi dilaksanakan dengan sistem skor yang merupakan nilai kumulatif untuk menentukan kejuaraan.
f. Renang
1) Peserta
Peserta adalah siswa SD berusia maksimal 12 tahun pada 1 Januari 2011 yang merupakan utusan sekolah. Setiap sekolah mengirimkan 1 orang putra dan 1 orang putri.
2) Nomor Perlombaan
50 m gaya bebas, 50 m gaya punggung, 50 m gaya dada, 50 m gaya kupu-kupu, 100 m gaya bebas, dan 100 m gaya dada
3) Teknik dan Sistem Lomba
a) Peserta wajib mengikuti maksimal 4 gaya dari 6 gaya yang dilombakan.
b) Seleksi dilaksanakan dengan sistem skor yang merupakan nilai kumulatif untuk menentukan kejuaraan.
g. Sepak Bola Mini
1) Peserta
Peserta adalah siswa SD berusia maksimal 12 tahun pada 1 Januari 2011 yang merupakan utusan sekolah. Setiap sekolah mengirimkan 1 tim putra.
2) Nomor Perlombaan
Beregu putra terdiri atas 5 pemain inti dan 3 pemain cadangan.
3) Teknik dan Sistem Lomba
Pertandingan dilaksanakan dengan sistem gugur untuk menentukan kejuaraan dan seleksi pembentukan tim kecamatan.
h. Sepak Takraw
1) Peserta
Peserta adalah siswa SD berusia maksimal 12 tahun pada 1 Januari 2011 yang utusan sekolah. Setiap sekolah mengirimkan 1 tim putra.
2) Nomor Perlombaan
Beregu putra terdiri atas 3 pemain inti dan 1 pemain cadangan
3) Teknik dan Sistem Lomba
Pertandingan dilaksanakan dengan sistem gugur untuk menentukan kejuaraan dan seleksi pembentukan tim kecamatan.
i. Tenis Meja
1) Peserta
a) Peserta adalah siswa SD berusia maksimal 12 tahun pada 1 Januari 2011 yang utusan sekolah. Setiap sekolah mengirimkan 1 orang putra dan 1 orang putri.
b) Peserta belum menjadi Juara 1 tingkat kabupaten pada perlombaan sejenis.
2) Nomor Perlombaan
Tunggal putra dan tunggal putri
3) Teknik dan Sistem Lomba
Pertandingan dilaksanakan dengan sistem gugur untuk menentukan kejuaraan.
5. Kelompok Prestasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan
a. Kreativitas Guru dalam Pembelajaran
1) Peserta
Peserta adalah guru kelas I-VI. Masing-masing sekolah mengirimkan 1 orang guru kelas bawah (kelas I-III) dan 1 orang guru kelas atas (kelas IV-VI) baik PNS maupun guru tidak tetap.
2) Materi Lomba
Lomba Kreativitas Guru dalam Pembelajaran meliputi kemampuan menyusun rencana pembelajaran dan kemampuan melaksanakan pembelajaran.
a) Bagi guru kelas bawah pembelajaran meliputi minimal 3 (tiga) mata pelajaran dengan menggunakan pendekatan tematik.
b) Bagi guru kelas atas pembelajaran parsial dengan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesa, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, atau Matematika.
3) Tahapan Lomba
Tahap I Menyusun Rencana Pembelajaran
a) Setiap peserta wajib menyusun rencana pembelajaran yang terdiri atas Program Semester, Silabus Pembelajaran, dan Rencana Pembelajaran yang dikirimkan dalam bentuk bundel tertulis ke Panitia Seleksi yang di dalamnya memuat biodata dan materi lomba.
b) Silabus dan Rencana Pembelajaran disusun hanya untuk satu kali pertemuan (Kelas I-III: 5 x 35 menit dan Kelas IV-VI: 2 x 35 menit).
c) Tiga peserta seleksi dengan perolehan nilai tertinggi berhak mengikuti seleksi Tahap II.
Tahap II Melaksanakan Pembelajaran
a) Tahap II dilaksanakan dalam bentuk praktik pembelajaran.
b) Praktik pembalajaran dilaksanakan untuk mengetahui dan mengukur kompetensi pedagogik yang bersangkutan dalam melaksanakan pembelajaran, penggunaan alat bantu, melaksanakan evaluasi, dan menentukan tindak lanjut pembelajaran.
4) Penentuan Hasil Seleksi
Hasil seleksi ditentukan berdasarkan akumulasi perolehan nilai setiap tahapan seleksi.
b. Seleksi Guru Berprestasi
1) Peserta
Peserta adalah guru kelas I-VI atau guru mata pelajaran SD dengan masa kerja minimal 8 tahun dan golongan/ruang III/a berijazah S-1. Masing-masing sekolah mengirimkan 1 orang guru berprestasi tingkat sekolah yang memenuhi syarat.
2) Materi Lomba
Materi seleksi guru berprestasi merupakan rangkaian evaluasi atas peningkatan prestasi dan kinerja guru dalam mengembangkan profesional yang meliputi:
a) Kinerja guru terdiri dari:
q Kompetensi pedagogik
q Kompetensi kepribadian
q Kompetensi social
q Kompetensi profesional
b) Hasil karya kreatif dan inovatif
c) Pembimbingan peserta didik mencapai prestasi
3) Tahapan Lomba
Tahap I Tes Tertulis
a) Setiap peserta wajib mengikuti tes tertulis untuk mengukur potensi akademik dan kompetensi profesionalnya.
b) Lima peserta seleksi dengan perolehan nilai tertinggi berhak mengikuti seleksi Tahap II, Tahap III, dan Tahap IV.
Tahap II Mental Spiritual
a) Tahap II dilaksanakan dalam bentuk wawancara, dan pengamatan selama kegiatan seleksi dilaksanakan.
b) Wawancara dilakukan untuk mengetahui potensi mental spiritual peserta seleksi yang dilaksanakan dalam bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Sunda.
c) Materi seleksi meliputi etika dan sopan santun, pengamalan kehidupan beragama, kepemimpinan, aktivitas sosial kemasyarakatan, kesehatan dan kebugaran, dan pelaksanaan kehidupan berbangsa dan bernegara.
Tahap III Praktik Pembelajaran
Peserta dinilai kemampuan melaksanakan pembelajaran yang diawali dengan kemampuan menyusun rencana pembelajaran.
Tahap IV Penyusunan Karya Tulis dan Presentasi
Peserta menyusun karya tulis berupa ungkap pengalaman dalam inovasi pembelajaran dan pengembangan profesional yang harus dipresentasikan.
4) Penentuan Hasil Seleksi
Hasil seleksi ditentukan berdasarkan akumulasi perolehan nilai setiap tahapan seleksi.
c. Seleksi Kepala Sekolah Berprestasi
1) Peserta
Peserta adalah Kepala SD dengan masa kerja minimal 4 tahun dan golongan/ruang III/d berijazah S-1. Kepala Sekolah yang telah memenuhi kriteria normatif tersebut wajib mengikuti seleksi.
2) Materi Lomba
Materi seleksi guru berprestasi merupakan rangkaian evaluasi atas peningkatan prestasi dan kinerja kepala sekolah dalam mengembangkan profesional yang meliputi:
a) Kinerja kepala sekolah terdiri dari:
q Kompetensi kepribadian
q Kompetensi manajerial
q Kompetensi kewirausahaan
q Kompetensi sosial
q Kompetensi supervisi
b) Hasil karya kreatif dan inovatif
c) Pembimbingan guru dan pencapaian prestasi sekolah
3) Tahapan Lomba
Tahap I Tes Tertulis
a) Setiap peserta wajib mengikuti tes tertulis untuk mengukur potensi akademik dan kompetensi profesionalnya.
b) Lima peserta seleksi dengan perolehan nilai tertinggi berhak mengikuti seleksi Tahap II, Tahap III, dan Tahap IV.
Tahap II Mental Spiritual
a) Tahap II dilaksanakan dalam bentuk wawancara, dan pengamatan selama kegiatan seleksi dilaksanakan.
b) Wawancara dilakukan untuk mengetahui potensi mental spiritual peserta seleksi yang dilaksanakan dalam bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Sunda.
c) Materi seleksi meliputi etika dan sopan santun, pengamalan kehidupan beragama, kepemimpinan, aktivitas sosial kemasyarakatan, kesehatan dan kebugaran, dan pelaksanaan kehidupan berbangsa dan bernegara.
Tahap III Penyusunan Karya Tulis dan Presentasi
Peserta menyusun karya tulis berupa ungkap pengalaman dalam inovasi manajerial dan pengembangan profesional yang harus dipresentasikan.
4) Penentuan Hasil Seleksi
Hasil seleksi ditentukan berdasarkan akumulasi perolehan nilai setiap tahapan seleksi.
J. PENENTUAN KEJUARAAN
Kejuraan umum ditentukan berdasarkan akumulasi nilai yang diperoleh dari seluruh rangkaian kegiatan lomba. Setiap kejuaraan/peringkat mendapat nilai sbb.: Juara 1 mendapat nilai 20, Juara 2 mendapat nilai 15, Juara 3 mendapat nilai 10, Juara Harapan 1 mendapat nilai 5, Juara Harapan 2 mendapat nilai 3, dan Juara Harapan 3 mendapat nilai 1.
Juara Umum akan mendapat Tropi Bergilir Muspika Cicurug.
K. KETENTUAN LAIN
Agar pelaksanaan Festival Kompetensi dan Kreativitas Siswa dan Guru berjalan dengan baik sesuai jadwal, diharapkan sekolah dan gugus dapat mengatur pelaksanaan seleksi di tingkat gugus sesuai dengan Pedoman Pelaksanaan ini. Selambat-lambatnya tanggal 12 Pebruari 2011 sekolah dan gugus telah menyampaikan daftar peserta Festival Kompetensi dan Kreativitas Siswa dan Guru utusan sekolah dan gugus masing-masing.
Peraturan dan ketentuan lain yang belum tercantum dalam pedoman ini akan ditetapkan pada pertemuan teknik dan pelaksanaan lomba.
L. PENUTUP
Demikian Pedoman Pelaksanaan ini disusun sebagai panduan pelaksanaan kegiatan di sekolah dan gugus, sehingga seluruh rangkaian Festival Kompetensi dan Kreativitas Siswa dan Guru dari mulai tingkat sekolah, gugus, dan kecamatan dilaksanakan secara seragam. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan gugus melakukan penyesuaian untuk beberapa jenis mata lomba dengan tidak mengurangi esensi dari pelaksanaan lomba itu sendiri.
Terakhir, sukses tidaknya rangkaian kegiatan Festival Kompetensi dan Kreativitas Siswa dan Guru sangat ditentukan para pelaksana kegiatan dalam tataran pelaksanaan. Untuk itu diperlukan kesamaan persepsi dan pemahaman atas pedoman ini sangat diharapkan. Semoga Allah senantiasa memberikan taufik, hidayah, dan inyah-Nya.
Cicurug, 1 Pebruari 2011
Mengetahui Kepala UPTD Pendidikan Kec. Cicurug, Iyus Mulyana, S.Pd. NIP 19670116 198610 1 001 | Panitia FKKSG 2011 Ketua, Nani Kusnaeni, S.Pd.SD. NIP 19630312 198410 2 010 |
JADWAL
FESTIVAL KOMPETENSI DAN KREATIVITAS SISWA DAN GURU SD
TINGKAT KECAMATAN CICURUG TAHUN 2011
No. | Mata Lomba | Waktu Pelaksanaan | Tempat | Penanggung Jawab | Keterangan |
A. | Upacara Pembukaan | 19 Pebruari 2011 | Alun-Alun Cicurug | Aep Saepudin | |
Upacara Penutupan | 31 Maret 2011 | Alun-Alun Cicurug | Ihat Rohatikah | ||
B. | Prestasi Mata Pelajaran | Asep Sapyudin | |||
1. | Olimpiade MIPA Jalur A | 7 Maret 2011 | SDN 3 Cicurug | Siti Maemunah | 2 Pa/Pi |
2. | Olimpiade MIPA Jalur B | 26 Pebruari 2011 | SDN Tenjoayu | Samsudin, M.Pd. | 2 Pa/Pi |
3. | Seleksi Siswa Berprestasi | 8-9 Maret 2011 | SDN 3 Cicurug | Eni Kusrini | 1 Pa/Pi |
4. | Keterampilan Berbahasa Indonesia | 1 Maret 2011 | SDN 1 Cicurug | Ihat Rohatikah | 1 Pa/Pi |
5. | LTUB | 14-19 Maret 2011 | sekolah ybs. | Aep Saepudin | |
6. | Alat Teknologi Sederhana | 1 Maret 2011 | SDN 1 Cicurug | Rohman | 1 Pa/Pi |
7. | Keterampilan Komputer | 1 Maret 2011 | SDN 3 Cicurug | Hilmansyah | 1 Pa/Pi |
8. | LCT | 3 Maret 2011 | SDN 3 Cicurug | Dedi Ahmad | 3 Pa/Pi |
9. | Calistung | 2 Maret 2011 | SDN 1 Cicurug | Sri Dewi Nirmala | |
C. | Festival dan Kreativitas SBK | Rojak | |||
10. | Menyanyi Solo | 28 Peb 2011 | SDN 1 Cicurug | Mimi Jamilah | 1 Pa/Pi |
11. | Kerajinan Tangan | 28 Peb 2011 | SDN 1 Cicurug | Hendi Rahmat | 1 Pa/Pi |
12. | Melukis | 28 Peb 2011 | SDN 1 Cicurug | Tugimin, S.Pd.SD. | 1 Pa/Pi |
13. | Kreativitas Cipta dan Baca Puisi | 28 Peb 2011 | SDN 1 Cicurug | Ihat Rohatikah | 1 Pa/Pi |
D. | Apresiasi Bahasa & Sastra Sunda | Oleh Supriatna | |||
14. | Maca Sajak Sunda | 10 Maret 2011 | SDN Benda | Eni Kusrini | 1 Pa + 1 Pi |
15. | Biantara | 10 Maret 2011 | SDN Benda | Memen Suherman | 1 Pa + 1 Pi |
16. | Pupuh | 10 Maret 2011 | SDN Benda | Rojak | 1 Pa + 1 Pi |
17. | Ngarang | 10 Maret 2011 | SDN Benda | H. Anwar Husni | 1 Pa + 1 Pi |
18. | Ngadongeng | 10 Maret 2011 | SDN Benda | Aang Suryadi | 1 Pa + 1 Pi |
19. | Maca Warta | 10 Maret 2011 | SDN Benda | Mimi Jamilah | 1 Pa + 1 Pi |
20. | Baca Tulis Aksara Sunda | 10 Maret 2011 | SDN Benda | Sumiati | 1 Pa + 1 Pi |
E. | Prestasi PTK | Naspu Poerwadi | |||
21. | Guru Berprestasi | 11 Maret 2011 | SDN 2 Cicurug | Jaelani Riesman | 1 Pa/Pi |
22. | KS Berprestasi | 12 Maret 2011 | SDN 2 Cicurug | Atat Kusnadi | 1 Pa/Pi |
23. | Kreativitas Guru dalam Pembelajaran | 21-26 Maret 2011 | SDN 2 Cicurug | Hj. E.Nurhanawati | 1 Pa/Pi |
F. | Olimpiade Olahraga Siswa | Cecep Suhardi | |||
24. | Atletik | 21 Peb 2011 | SDN Tenjoayu | Iwang Jatikusumah | 1 Pa + 1 Pi |
25. | Bola Voli Mini | 22-24 Peb 2011 | SDN Pasawahan | Yatno Triwahyudi | 6 Pa + 6 Pi |
26. | Bulu Tangkis | 22-24 Peb 2011 | GOR Cicurug | Rahmat Susilo | 1 Pa + 1 Pi |
27. | Catur | 26-27 Peb 2011 | SDN 3 Cicurug | Asep Sapyudin | 1 Pa + 1 Pi |
28. | Pencak Silat | 24 Peb 2011 | SDN 2 Purwasari | Dede Gunawan | 1 Pa + 1 Pi |
29. | Renang | 26 Peb 2011 | KR Safana | Moh. Romli Solihin | 1 Pa + 1 Pi |
30. | Sepak Bola Mini | 21-26 Peb 2011 | Lap. Caringin | Ade Kustiawan | 8 Pa |
31. | Sepak Takraw | 23-24 Peb 2011 | SDN 2 Purwasari | Herli Kriswanto | 4 Pa |
32. | Tenis Meja | 26-27 Peb 2011 | SDN Pasawahan | Rohman | 1 Pa + 1 Pi |
Cicurug, 1 Pebruari 2011
Mengetahui Kepala UPTD Pendidikan Kec. Cicurug, Iyus Mulyana, S.Pd. NIP 19670116 198610 1 001 | Panitia FKKSG 2011 Ketua, Nani Kusnaeni, S.Pd.SD. NIP 19630312 198410 2 010 |
FORMULIR PENDAFTARAN
FESTIVAL KOMPETENSI DAN KREATIVITAS SISWA DAN GURU SD
KECAMATAN CICURUG TAHUN 2011
Nama Sekolah : …………………………………………………………………………
Alamat : …………………………………………………………………………
Mata Lomba | Data Peserta | Keterangan | |||||
No. | Nama | L/P | Tempat, Tanggal Lahir | Kelas | |||
A. | Prestasi Mapel | ||||||
1. | Olimpiade Matematika Jalur A | ||||||
2. | Olimpiade Matematika Jalur B | ||||||
3. | Olimpiade IPA Jalur A | ||||||
4. | Olimpiade IPA Jalur B | ||||||
5. | Aplikasi Teknologi Sederhana | ||||||
6. | Keterampilan Komputer | ||||||
7. | Calistung | ||||||
Kelas I | |||||||
Kelas II | |||||||
Kelas III | |||||||
B. | Festival & Kreativitas SBK | ||||||
1. | Menyanyi Solo | ||||||
2. | Kerajinan Tangan | ||||||
3. | Melukis | ||||||
4. | Kreativitas Cipta & Baca Puisi | ||||||
C. | Festival & Kreativitas ABSS | ||||||
1. | Maca Sajak Sunda | 1. | Pa | ||||
2. | Pi | ||||||
2. | Biantara | 1. | Pa | ||||
2. | Pi | ||||||
3. | Pupuh | 1. | Pa | ||||
2. | Pi | ||||||
4. | Ngadongeng | 1. | Pa | ||||
2. | Pi | ||||||
5. | Nagarang | 1. | Pa | ||||
2. | Pi | ||||||
6. | Maca Warta | 1. | Pa | ||||
2. | Pi | ||||||
7. | BTAS | 1. | Pa | ||||
2. | Pi | ||||||
D. | Olimpiade Olahraga | ||||||
1. | Atletik | 1. | Pa | ||||
2. | Pi | ||||||
2. | Bola Voli Mini Putra | 1. | Pa | ||||
2. | Pa | ||||||
3. | Pa | ||||||
4. | Pa | ||||||
5. | Pa | ||||||
6. | Pa | ||||||
Bola Voli Mini Putri | 1. | Pi | |||||
2. | Pi | ||||||
3. | Pi | ||||||
4. | Pi | ||||||
5. | Pi | ||||||
6. | Pa | ||||||
3. | Bulu Tangkis | 1. | Pa | ||||
2. | Pi | ||||||
4. | Catur | 1. | Pa | ||||
2. | Pi | ||||||
5. | Pencak Silat | 1. | Pa | ||||
2. | Pi | ||||||
6. | Renang | 1. | Pa | ||||
2. | Pi | ||||||
7. | Sepak Bola Mini | 1. | Pa | ||||
2. | Pa | ||||||
3. | Pa | ||||||
4. | Pa | ||||||
5. | Pa | ||||||
6. | Pa | ||||||
7. | Pa | ||||||
8. | Pa | ||||||
8. | Sepak Takraw | 1. | Pa | ||||
2. | Pa | ||||||
3. | Pa | ||||||
4. | Pa | ||||||
9. | Tenis Meja | 1. | Pa | ||||
2. | Pi | ||||||
D. | Prestasi PTK | ||||||
1. | Guru Berprestasi | ||||||
2. | Kepala Sekolah Berprestasi | - | |||||
3. | Kreativitas Guru dalam Pembelajaran | 1. | |||||
2. |
Cicurug, …. Pebruari 2011
Mengetahui Kepala Sekolah, ……………………………………… NIP ………………………………… | Ketua Kontingen, ……………………………… NIP ………………………… |
BIODATA PESERTA
SELEKSI GURU BERPRESTASI/KEPALA SEKOLAH BERPRESTASI/KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN
FESTIVAL KOMPETENSI DAN KREATIVITAS SISWA DAN GURUSD
KECAMATAN CICURUG TAHUN 2011
|
Nama Lengkap | 1 | L/P *) |
NIP | 2 | |
Tempat, Tanggal Lahir | 3 | |
Pangkat, Golongan/Ruang | 4 | |
Jabatan | 5 | |
Pendidikan Terakhir | 6 | |
Mengajar di Kelas | 7 | |
Unit Kerja | 8 | |
Alamat Unit Kerja | 9 | |
Alamat Rumah | 10 | |
*) Coret yang tidak perlu
Mengetahui Kepala Sekolah, ______________________ NIP | Cicurug, Pebruari 2011 Peserta ybs., ______________________ NIP |
BIODATA PESERTA
FESTIVAL KOMPETENSI DAN KREATIVITAS SISWA DAN GURU SD
KECAMATAN CICURUG TAHUN 2011
|
Kontingen SD : …………………………………………………
Cabang Olahraga/Mata Lomba : …………………………………………………
Nama Lengkap | 1 | L/P *) |
Tempat, Tanggal Lahir | 2 | |
Nama dan Alamat Sekolah | 3 | |
Kelas | 4 | |
Nomor yang Diikuti | 5 | |
Hobi | 6 | |
Nama Orang Tua | 7 | |
Pekerjaan | 8 | |
Alamat Rumah | 9 | |
*) Coret yang tidak perlu
Mengetahui Kepala Sekolah, ______________________ NIP | Cicurug, Pebruari 2011 Peserta ybs., ______________________ NIP |
PROFIL KONTINGEN
FESTIVAL KOMPETENSI DAN KREATIVITAS SISWA DAN GURU SD
KECAMATAN CICURUG TAHUN 2011
1. Nama Sekolah : …………………………………………………………………………………………
2. Alamat : …………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
3. Nama Kepala Sekolah : …………………………………………………………………………………………
4. Nama Ketua Kontingen : …………………………………………………………………………………………
5. Prestasi : …………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
6. Mata Lomba/Cabor yang Diikuti : …………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
7. Jumlah Kontingen : …………………………………………………………………………………………
8. Target : …………………………………………………………………………………………
9. Moto : …………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
Mengetahui Kepala Sekolah, ______________________ NIP | Cicurug, Pebruari 2011 Ketua Kontingen, ______________________ NIP |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar